Gambaran Umum
1.388xPuskesmas Kotagede II merupakan salah satu puskemas di wilayah Kecamatan Kotagede yang terletak di Jalan Ki Penjawi No. 04 Kotagede, Kota Yogyakarta. Kotagede merupakan 1 dari 14 Kecamatan yang ada di Kota Yogyakarta yang terletak di daerah pinggiran kota. Wilayah kerja Puskesmas Kotagede II meliputi satu kelurahan, yaitu Kelurahan Rejowinangun. Letak Kelurahan Rejowinangun berjarak 0,5 km dari pusat Kecamatan Kotagede dengan luas wilayah Rejowinangun 1,25 km2. Kelurahan Rejowinangun terdiri dari 13 Rukun Warga (RW) dan 50 Rukun Tetangga (RT), dengan batas - batas wilayah sebagai berikut:
Sebelah Utara : Desa Banguntapan Kecamatan Banguntapan Kabupaten Bantul
Sebelah Selatan : Kelurahan Prenggan Kecamatan Kotagede Kota Yogyakarta
Sebelah Barat : Kelurahan Warungboto Kecamatan Umbulharjo Kota Yogyakarta
Sebelah Timur : Desa Banguntapan Kecamatan Banguntapan Kabupaten Bantul
Gambaran kondisi geografis wilayah dan karakteristik daerah adalah sebagai berikut:
Letak ketinggian tanah | : 114 m diatas permukaan laut |
Curah hujan | : 2000 – 3000 mm/tahun |
Suhu udara rata-rata | : 26 0C |
Topografi | : dataran rendah |
Kelembaban Udara | : 70 – 80 % |
MOTTO
Senyum, Sapa, Salam, Sopan Santun, Sabar yang disingkat menjadi “5S”
SLOGAN
Sehat milik bersama
TATA NILAI
Sopan santun, Inovatif, Profesional yang disingkat menjadi “SIP”
Sopan santun: Bersikap sopan dan santun dalam bekerja dan melayani
Inovatif: Berpikir inovatif dalam bekerja
Profesional: Profesional dalam bekerja dan melayani sesuai kompetensi
TUJUAN PUSKESMAS
Mewujudkan masyarakat yang berperilaku yang sehat dan mandiri, mampu menjangkau pelayanan kesehatan yang bermutu, hidup dalam lingkungan sehat dan memiliki derajat kesehatan yang dapat mendukung terwujudnya kelurahan sehat.
JANJI LAYANAN
- Kami siap memberikan pelayanan kepada masyarakat secara profesional, tulus, ramah, dan sepenuh hati.
- Kami siap membantu masyarakat dalam bidang kesehatan dan meningkatkan pelayanan kesehatan
KEBIJAKAN MUTU
- Pelayanan kepada pelanggan dilaksanakn oleh tenaga yang profesional
- Setiap pegawai wajib memberikan pelayanan sebaik mungkin pada pelanggan
- Kebutuhan pelanggan diidentifikasi dan ditindaklanjuti
- Upaya perbaikan dan peningkatan dilaksanakan secara terus menerus